top of page
Writer's picturesehat jiwamu

Bagaimana Menangani Mental Illness?



Penyakit Mental memang masih sering dianggap sesuatu yang "salah" di masyarakat Indonesia. Sehingga banyak orang - orang yang terkena penyakit mental yang di diamkan, dan tidak mendapat penanganan yang dibutuhkan. Namun, sebenarnya apa sih yang membuat orang - orang yang terkena Mental Illness sangat dianggap suatu yang "salah"?


Adalah stigma, yang membuat masyarakat menghindar. Dalam kehidupan sosial secara umum, stigma ini muncul dalam stereotip ataupun prasangka yang disertai dengan diskriminasi terhadapan orang - orang dengan penyakit mental tersebut. Orang - orang yang menderita penyakit mental atau bermasalah dengan kesehatan mental akan sering dianggap berbahaya, seperti kerasukan maupun dipengaruhi oleh ilmu hitam.


Ketakutan ini memang tidak bisa dihindari, apalagi bila terjadi di wilayah yang kurang mendapat informasi mengenai penyakit mental. Efek sampingnya apa? Pada 2017, 28,1% orang dengan penyakit mental, dipasung atau di belenggu di dalam rumahnya. Selain itu stigma yang ditanamkan oleh diri sendiri, dapat menyebabkan penderita tidak mengakui atas kondisinya, serta menolak bantuan dari keluarga maupun orang terdekat yang ingin membantu dengan mencari pertolongan sejak dini, oleh karena itu mereka (penderita penyakit mental) juga mencegah dirinya sendiri untuk mendapatkan perawatan yang tepat.


Lantas apa yang harus di lakukan agar penderita mendapatkan penanganan seharusnya? Selain memberikan dukungan positif, juga memberikan pemahaman kepada keluarga bahwa penyakit mental dapat disembuhkan. Banyak sekali penderita penyakit mental yang terjebak, menahan perasaan tersiksa karena keluarga secara tidak langsung menunjukkan ketidak dukungannya terhadap penyakit mental.


Banyak kasus yang akhirnya berujung kematian, tanpa disadari orang - orang di sekitar penderita. Bahkan hingga kini, jika seseorang mengalami penyakit mental dan dengan kesadaran ingin mendatangi para profesional, masih ada beberapa pihak yang menyudutkan pilihannya. Padahal kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, hanya saja penyakit mental tidak dapat dilihat secara langsung seperti penyakit pada fisik.


Pada akhirnya stigma bahwa penyakit mental tidak dapat disembuhkan sama sekali tidak benar, terlebih bila ada yang mengatakan bahwa itu ada hubungannya dengan dunia hitam. Karena dalam ilmu kedokteran hampir semua peristiwa maupun penyakit ada alasannya. Sehingga apabila kita menemukan atau ada yang bercerita mengenai penyakit mental yang ia punya, yang dapat kita lakukan adalah mendukungnya melakukan hal - hal positif dan mendengarkannya baik - baik. Karena untuk bercerita, ia membutuhkan tekad yang kuat. Sesuatu yang seharusnya bisa untuk kita apresiasi.


Lalu apabila ia menunjukkan tanda - tanda atas keinginan bunuh diri, kamu bisa berinisiatif mengajaknya ke tempat profesional atau hubungi layanan konsultasi seperti @sehatmental.id melalui LINE : @konseling.online ; @saveyourselves.id melalui email hi@saveyourself.id


Dan ingat! Untuk tidak melakukan self diagnosis ya! Segera datangi atau konsultasi dengan profesional ketika kamu merasa ada yang salah :)


Ditulis oleh Hilda Qonita

6 views0 comments

Comments


bottom of page