top of page
Writer's picturesehat jiwamu

Awkarin Depresi: Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat!



Mentall illness atau penyakit mental merupakan kondisi kesehatan mental yang melibatkan perubahan emosi, pemikiran, perilaku, atau kombinasi dari ketiganya. Penyakit mental sering dikaitkan dengan gejala depresi yang dialami oleh penderitanya.


Karin Novilda atau biasa disapa Awkarin, menjadi sorotan publik akibat video yang diunggahnya di akun youtube miliknya yang bercerita mengenai dirinya yang mengalami gangguan mental (depresi). Gangguan mental atau mental illness adalah kondisi dimana mental yang kurang siap untuk mengalami berubahnya emosi, pemikiran, perilaku atau dikombinasikan ketiganya.


Dalam video tersebut, Awkarin mengungkapkan bahwa ia akan memutuskan untuk pergi dari dunia Instagram tempatnya berkarier dan membuat beribu pertanyaan dari para pengikutnya mengapa hal itu bisa terjadi. Seringkali, gejala dari kondisi kesehatan mental ini kurang disadari oleh banyak orang sehingga memunculkan efek yang luar biasa pada pengidapnya.


"Dulu banget aku pernah mengalami mental depression, long before this whole instagram things," ujar Karin dalam video yang dia unggah pada akun Youtube channel pribadinya.


Depresi yang dialaminya tidak terjadi secara mendadak, namun adanya perasaan terpendam yang tidak bisa diungkapkan, kekecewaan yang sulit diutarakan serta semakin bertambah dan bertambah setiap waktunya hingga menyesakkan jiwa. Setiap harinya dijalani dengan hati yang mudah tersinggung, merasa tidak berharga, terluka, tidak bersemangat dan mudah murung. Hal itu disebutkan oleh Veronica Adesla, MPsi, psikolog klinis dari Personal Growth.


"Mereka yang depresi merasa lelah ketika bersama orang lain dan hanya ingin sendiri. Hal ini terus berlangsung minggu demi minggu hingga suatu saat ia merasa kesepian, tidak berharga dan menjadi beban untuk orang lain," Ujarnya ketika diwawancara.


Awkarin patut diacungi jempol karena keinginannya yang mau untuk mengobati mental illness yang diidapnya dan tidak malu untuk membagikannya kepada publik. Sehingga dalam video tersebut ia secara tidak langsung meningkatkan awareness masyarakat mengenai mental health dan mental illness serta mengenali gejalanya.


Ditulis oleh Winnindya Fildza

6 views0 comments

Comentarios


bottom of page