top of page
Writer's picturesehat jiwamu

Pentingnya kesadaran kita akan kesehatan mental.

Updated: May 8, 2019



Secara individu manusia memiliki dua aspek kesehatan untuk mendukung kehidupannya yaitu kesehatan fisik dan kesehatan mental.


Kesehatan fisik terjadi apabila sesorang tidak merasa atau mengeluh sakit dan secara objektif tidak tampak sakit. Semua organ yang ada di tubuh berfungsi dengan normal atau tidak mengalami gangguan. Selain itu, kesehatan mental atau kesehatan jiwa yang juga tidak kalah penting bagi manusia. Kesehatan mental yang baik merupakan kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain yang ada di sekitar kita. Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk, hal tersebut sering disebut gangguan mental.


Kapanpun seseorang bisa saja mengalami gangguan mental. Gangguan mental yang mungkin dapat diakibatkan oleh lingkungan sekitarnya. Ada beberapa hal yang dapat memicu gangguan mental, mulai dari faktor sosial (finansial dan lain-lain), faktor biologis (Genetik, menderita penyakit berisiko tinggi dan lain-lain), faktor psikologis (Mengalami kejadian buruk yang mengakibatkan trauma dan lain-lain).


Gangguan mental memiliki dampak yang buruk untuk kehidupan manusia seperti dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun juga dapat menurunkan prestasi di sekolah atau produktivitas kerja. Adapun gangguan mental yang dapat mempengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati, dan dapat mempengaruhi cara seseorang dalam menghadapi kehidupannya sehari-hari, sehingga seseorang akan merasa sedih, putus asa, dan tidak memiliki motivasi untuk beraktivitas bahkan mengganggu aktivitas seseorang secara terus-menerus.


Selain itu, banyak dari penderita gangguan mental yang diakibatkan karena mereka tidak memiliki saluran emosi yang tepat. Sehingga langkah yang baik dari kita adalah menjadi pendengar yang baik. Bukan tidak mungkin gangguan mental yang timbul dalam diri seseorang adalah akumulasi dari kegundahan hati dan beban pikiran yang ia pendam sendiri. Biasanya, dengan didengarkan seseorang akan merasa lebih baik dan lebih nyaman terhadap dirinya. Sehingga sebagai sesama manusia sebaiknya kita mampu untuk menerima kekurangan orang lain. Berdasarkan kenyataan tersebut sudah sepatutnya masyarakat untuk lebih aware akan pentingnya kesehatan mental karena berdampak langsung pada diri sendiri untuk kelangsungan hidup yang baik.


Ditulis oleh : Gebby Reviana

7 views0 comments

Comments


bottom of page